Penyebab Smartphone Android Sering Restart Sendiri


Dari tahun ke tahun teknologi android semakin berkembang. semakin banyak jenis dan type android yang beredar dipasaran, dari yang berharga ratusan ribu sampai dengan jutaan rupiah, tergantung spesifikasinya.
Perlu diketahuhi wahwa smartphone yang berharga mahal dan punya spesifikasi yang sangat baik pun tidak luput dari masalah. dan yang sering menjadi keluhan pengguna adalah HP sering restart sendiri / hang.
Kali ini Bang AGUS91 (hehehe bang?orang makassar bilang "jalla deh") akan memberikan beberapa Penyebab Utama Smartphone Android Sering Restart Sendiri dan cara mengatasinya :

Software

Penyebab utama Android restart sendiri adalah karena masalah pada software. Bisa jadi karena aplikasi yang anda install itu error maupun karena banyaknya aplikasi yang terpasang.

Adapun cara mengatasinya sebagai berikut :


1. Hapus aplikasi yang terakhir anda install, jika smartphone sudah normal berarti aplikasi         tersebut bermasalah, jika handphone tetap error silahkan lanjutkan ke point 2

2. Cek jumlah aplikasi yang terinstall, jangan terlalu banyak memasang aplikasi.Instal aplikasi yang sering dipakai atau yang dibutuhkan saja. Karena jika Sobat memasang aplikasi yang terlalu banyak, maka kinerja RAM pada android menjadi berat dan berpotensi menjadikan hang lalu restart.

3. Hapus cache / file sampah. sampah yang terlalu banyak juga rentan menjadikan smartphone mati sendiri. Gunakan aplikasi pembersih contohnya clean master untuk membersihkan cache/ sampah.

4. Cara terbaik adalah dengan melakukan factory reset / kembali ke pengatuan awal. Factory reset berfungsi untuk mengembalikan handphone ke setelan pabrik. Sudah banyak blog yang membahas cara melakukan factory reset, silahkan cari di google untuk cara melakukan factory reset pada type smartphone anda.


Hardware

Selain karena Software, perangkat keras / hardware juga bisa membuat android restart sendiri. hal ini biasanya terjadi ketika HP sudah cukup lama dipakai, sehingga komponennya sudah tidak bisa melakukan kinerja secara maksimal. diantaranya :


 1. Batterai. Yang sering terjadi adalah masalah pada batterai. Dalam kurun waktu tertentu (tergantung pemakaian), batterai smartphone anda cepat habis. contoh : kalau biasanya sehari pemakaian mencapai sekitar 6 jam setelah charging, sekarang cuman dipakai 3 jam udah habis. hal ini akan menyebabkan HP sering mati sendiri karena arus tidak stabil lagi. Batterai yang sudah tidak normal akan terlihat tidak rata / mengembung. Solusinya segera ganti batterai Sobat.

2. Memory Card. Memory card yang error juga bisa menyebabkan smartphone restart sendiri. solusinya: Coba copot memory eksternal dari HP Sobat lalu hidupkan. apabila sudah normal berarti memang masalahnya ada di memory tersebut,


Demikian artikel dari Bang Agus91 tentang Penyebab Smartphone Android Sering Restart Sendiri, Semoga artikel ini bermanfaat.

Wassalam





Related Posts

Penyebab Smartphone Android Sering Restart Sendiri
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.