Logo Kabupaten Jeneponto dan Maknanya Vector File CDR CorelDraw

Logo daerah Kabupaten Jeneponto yang menggambarkan unsur - unsur historis, kultur, patriotik, sosialogis, dan ekonomi yang keseluruhanya merupakan bagian mutlak yang tidak terpisahkan dari NKRI. Terdiri atas lima bagian yang berbeda, yakni pohon lontar dan batang aksara berbentuk (T), kuda putih, globe tiga warna bersusun, daun lontar model pita yang bertuliskan Jeneponto dan model perisai.

Berikut terlampir Logo Kabupaten Jeneponto dalam Format File CDR CorelDraw X3 yang siap Sobat download gratis dan mudah.



Makna Logo Kabupaten Jeneponto
  • Poho Lontara dan Batang Aksara berbentuk huruh "T" merupakan pohon serba guna lambang kemakmuran. Batang sebagai bahan rumah, buahnya dimakan, airnya dapat dijadikan gula, daunya dibuat menjadi tikar dan lain-lain. 
  • Batangnya yang berbentuk huruf (aksara T) singkatan dari kata Turatea di mana rakyat Kabupaten Jeneponto lebih dikenal sebutan Turatea yang artinya orang dari atas. 
  • Huruf (T) ini terletak di atas pondasi yang kuat, yang warnanya hitam diartikan sebagai sesuatu yang kuat dan kukuh. 
  • Kuda putih melambangkan kekuatan intelek, kuat, gagah, berani dalam keyakinan yang suci. Binatang serba guna ini erat hubungannya dengan segala segi dan perjuangan hidup manusia dan masyarakat baik dalam bidang sosial dan ekonomi. Dengan semangat menyala adalah kekuatan dan bersukma turun temurun dengan tanaga kuda yang bersemangat tinggi. 
  • Globe dengan tiga warna bersusun dengan tiga rangkain rantai (gelang) yang dipadu jadi satu. Globe berarti cita-cita yang tinggi bukan saja seluas samudra dahsyat atau setinggi Bawakaraeng, tetapi seperkasa bumi sebulat bola dunia, warnanya merah, hijau, kuning, melukiskan kewajiban yang harus dimiliki oleh setiap pemimpin. 
  • Warna merah, atau kelahiran bahwa manusia itu dilahirkan dan menjadi anggota masyarakat. 
  • Sedangkan hijau pucuk harapan, bahwa manusia setelah dilahirkan menjadi kewajiban pemerintah untuk memberikan pendidikan agar menjadikan manusia sosial yang cakap dan bertanggung jawab. 
  • Kuning (matang) melambangkan manusia setelah lahir dan berpendidikan, perubahan ia dapat diandalkan sebagai anggota masyarakat yang sempurna. Dari ketiga pengertian warna lambang daerah Jeneponto, Ini menjadi cita-cita dan kewajiban pemerintah daerah Jeneponto. 
  • Daun lontar model pita yang bertuliskan "Jeneponto", menggambarkan kebudayaan yang khas dan tinggi nilainya sejak dahulu kala. 
  • Perisai melambangkan pelindung dan pengaman atas terwujudnya pancasila di mana Kabupaten Jeneponto adalah bagian dari NKRI. 

Itulah makna yang terkandung dalam logo Kabupaten Jeneponto.
Terimakasih telah berkunjung dan semoga bermanfaat.

"sumber : website resmi pemerintah Kabupaten Jeneponto"

Related Posts

Logo Kabupaten Jeneponto dan Maknanya Vector File CDR CorelDraw
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.